Kamis, 21 Juni 2012

Peyek Ikan Asin

Deskripsi:
Lama banget nggak makan peyek teri kesukaan...JJ paling sebel nih sama yang namanya teri dan aneka ikan asin tapi gimana ya...peyek teri itu sukaanku huehehehehe..jadi nekad aja bikin dan dimakan ndiri..tapi ternyata...anak-anak ku suka juga termasuk Jo..bapaknya mpe heran huehehehehe....





Resepnya mengarang indah aja asal cemplung :-)
Oh ya satu tips dari my mom yang aku share disini..untuk menyantap teri dan aneka jenis ikan asin yang lain, di keluarga kami selalu dibiasakan untuk mencuci ikan asin/teri asin dengan air garam...kayaknya nggak nalar ya..tapi beneran...sesuai ilmu kimian kan garam+garam = basa, so klo ikan asin/teri asin kita cuci dan direndam bentar dalam air garam..rasanya bakalan tidak terlalu asin lagi. Cocok sama lidah kami yang agak sensitif dengan garam :-)

Bahan-bahan:
150 gr teri jengki, pake teri medan juga boleh. 
250 gr tepung beras
+/- 150 ml santan klo kurang tambahin dikit-dikit
10 lembar daun jeruk, cuci bersih dan potong tipis

Bumbu untuk dihaluskan:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sdt ketumbar
1/2 ruas kencur
garam secukupnya

minyak goreng

Petunjuk
1. Cuci dan rendam teri dalam larutan air garam hangat kuku kira-kira 10 menit, kemudian tiriskan. Klo pake teri jengki, potong teri menjadi potongan kecil-kecil.
2. Ulek bumbu sampai halus
3. Masukkan potongan teri dan daun jeruk ke dalam tepung beras, masukkan bumbu aduk merata. Sedikit demi sedikit masukkan santan dan aduk sampai menjadi adonan peyek.
4. Goreng tipis dalam minyak panas sedang sampai kekuningan
5. Tiriskan dengan baik dan untuk penyimpanan tunggu sampai benar-benar dingin baru simpan di wadah yang tertutup rapat.

Kriuukksss.....


Sumber:http://dewijoris.multiply.com/recipes/item/24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar